You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sungai Jati

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Sosialisasi Dampak Sampah Akibat Penggunaan Pembalut Sekali Pakai


Sosialisasi Dampak Sampah Akibat Penggunaan Pembalut Sekali Pakai

Selasa, 05 September 2023, Masyarakat Desa Sungai Jati mengikuti kegiatan Sosialisasi Dampak Sampah Akibat Penggunaan Pembalut Sekali Pakai. Kegiatan ini dihadiri oelh Distributor dari "Dayu Garment".  Diketahui bahwa pembalut sekali pakai merupakan produk yang banyak digunakan perempuan di seluruh dunia, padahal pembalut sekali pakai disebut-sebut sebagai salah satu penyebab kerusakan alam dan lingkungan di muka bumi ini. Pasalnya, pembalut sekali pakai yang sudah digunakan akan dibuang dan berakhir di TPA. Seiring dengan berjalannya waktu, pembalut tersebut akan mengeluarkan gas metana yang berakibat pada pencemaran lingkungan. Berdasarkan penelitian dari University of Exeter, metana adalah salah satu unsur dalam gas rumah kaca yang menyebabkan kenaikan temperatur di permukaan Bumi, dan akan menyebabkan dampak pemanasan lebih jauh karena kekuatan metana 25 kali lipat dalam menyebabkan pemanasan global dibandingkan karbon dioksida. Selain menyebabkan kerusakan alam dan dilingkungan karena sampah bekas pembalut susah terurai, pembalut sekali pakai juga mengandung zat kimia  berbahaya "klorin" yang dapat memicu terjadinya iritasi, alergi, atau bahkan infeksi di area kewanitaan bahkan dapat memicu kanker jika digunakan pada jangka waktu yang lama.

Disampikan oleh "ibu Menis" selaku pengisi acara bahwa cara aman untuk mengatasi masalah ini adalah beralih dari pembalut sekali pakai menjadi pembalut kain atau menspad. Menspad atau Menstrual Pads merupakan alternatif pengganti pembalut sekali pakai. Menspad dikenal lebih ramah lingkungan dan aman dipakai dalam jangka waktu yang lama.  Beliau juga menyampaikan beberapa manfaat, cara pemeliharaan dan perawatan mespad serta cara penggunaan menspad. Diharapkan dari kegiatan ini ibu-ibu dapat menerapkan apa yang telah disampaikan, karena mengingat pentingnya bahaya yang ditimbulkan bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk lingkungan sekitar. 

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%